Resensi dan Sinopsis Novel Matahari - Tere Liye




Resensi Novel Matahari – Tere Liye
Judul              : Matahari
Penulis           : Tere Liye
Penerbit         : Gramedia
Tebal Buku    : 400 hlm; 20 cm 
Kota Terbit    : Jakarta
Tahun Terbit  : 2016

Sinopsis Matahari - Tere Liye :

Namanya Ali, 15 tahun, kelas X. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya.

Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir.

Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan.

Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.

================================================================

Buku MATAHARI ini merupakan buku ketiga dari serial BUMI. Dalam buku ini kembali menceritakan petualangan Raib dan kedua sahabatnya, Seli dan Ali. Jika sebelumnya di novel Bulan, mereka melakukan perjalanan di Klan Matahari, maka di novel Matahari ini, mereka berpetualang di Klan Bintang, sebuah klan yang hanya dianggap legenda karena nyaris tak satupun orang tahu dimana klan ini berada.

Karena keingintahuan Ali tentang klan bintang, Ali mempelajari banyak hal dari tabung perak yang diberikan Av (Novel Bulan) yang isinya adalah soft copy seluruh perpustakaan klan bulan. Tabung perak itu semacam hardisk berjuta-juta giga yang isinya bisa diproyeksikan dalam bentuk hologram 3 dimensi. Kemudian Ali belajar dan akhirnya menciptakan kapsul perak yang diberi nama ILY (Novel Bulan) untuk mengingat teman berpetualang mereka saat di Klan Matahari. ILY mempunyai kekuatan gabungan antara Klan Bulan dengan Klan Matahari. Ia dapat menghilang dan mengeluarkan petir. ILY memiliki kemampuan dapat menembus lapisan tanah bagian bawah hingga ribuan kilometer.

Dari mempelajari buku-buku itu pula, Ali berhasil menemukan keberadaan Klan Bintang. Ia sangat antusias mengunjungi Klan tersebut. Sebenarnya, Ali, Raib, dan Seli bisa saja kesana dengan menggunakan “buku matematika” milik Raib, seperti petualangan-petualangan sebelumnya. Hanya saja, Raib sudah berjanji kepada Av dan Miss Selena agar tidak mempergunakannya tanpa seijin mereka. Akhirnya petualangan ke Klan Bintang pun dimulai dengan mengendarai ILY, kapsul perak buatan Ali.

Akhirnya mereka mulai berpetualang lewat lorong-lorong kuno dan mulai mencari tahu dimana orang-orang klan bintang berada. Perjalanan melalui lorong ini, tidak semulus yang dikira. Mereka harus menghadapi banyak ular dalam ukuran besar. Mereka bahu membahu dengan kekuatan masing-masing menaklukkan ular.

Kemudian, mereka kembali menghadapi rintangan. Mereka berhadapan dengan kelelawar raksasa dalam jumlah yang banyak ketika mereka memasuki lorong yang penuh kristal. Kristal-kristal ini perlu dihancurkan agar dapat melanjutkan perjalanan mereka bertiga mencari tempat dimana klan bintang tinggal. Pada saat sedang menghancurkan kristal-kristal inilah, mereka diselamatkan lalu ditangkap  oleh orang-orang klan bintang.

Mereka dibawa ke Lembah Hijau, salah satu tempat dimana orang-orang klan bintang tinggal. Lembah dipimpin oleh seorang perempuan yang usianya sudah amat tua, Faar.

Ketiga sahabat ini dapat hidup tenang di Lembah Hijau, dan menikmati berbagai teknologi canggih. Suatu ketika mereka dihidangkan makanan berupa bubur. Tapi rasa bubur bisa berbeda-beda sesuai dengan keinginan, dan yang dibayangkan oleh yang memakannya. Padahal dari segi bentuknya sama saja. Mereka juga mengenakan pakaian canggih. Ketika pertama kali dipakai biasa saja. Tapi begitu dibayangkan jenis pakaian lain sesuai dengan keinginan masing-masing, pakaian itu berubah. Berubah menjadi persis seperti yang dibayangkan pemakainya.

Kehidupan tenang mereka terusik oleh penguasa dan aparat klan bintang yang berada di ibu kota. Penguasa dan aparat klan bintang tidak ingin ada orang yang tinggal di negara Klan Bintang dan memiliki kemampuan seperti yang dimiliki Raib, Seli dan Ali. Orang-orang yang memiliki kekuatan dari klan bulan, matahari dan bumi harus ditangkap karena dianggap sebagai ancaman.

Kemudian Ali, Raib, dan Seli melarikan diri dan bersembunyi serta melawan penguasa serta aparat ibukota inilah yang banyak dibahas. Di sinilah puncak keseruan petualangan mereka bertiga. Di saat-saat terdesak, banyak kejutan-kejutan perlawanan yang mereka lakukan. Kemampuan mereka ini saja tidak cukup, mereka juga harus menghadapinya dengan taktik, kecerdikan dan bersiasat.

Lepas dari pasukan klan bintang. Mereka harus menghadapi pasukan lainnya. Menghadapi robot besar dalam jumlah yang banyak. Robot ini bukan saja besar dan dilengkapi teknologi tingkat tinggi. Tapi robot ini seolah dapat berpikir. Dapat ‘membaca’ semua gerak gerik Raib, Seli dan Ali. Walau hingga akhirnya mereka tertangkap kembali.

Karakter Raib yang suka ragu-ragu lengkap dengan Ali yang selalu berpikir positif dan selalu tenang dalam menghadapi berbagai ketegangan, serta Seli sebagai sosok yang paling takut diantara ketiga sahabat ini, diterangkan dengan detail. Walau Seli dikenal sosok yang paling takut, tapi dia banyak melakukan berbagai perlawanan yang mengejutkan, disaat Raib dan Ali buntu dan butuh bantuan.

Demikian di Novel Matahari. Orang-orang yang memiliki kekuatan klan bulan, matahari dan bumi merupakan ancaman bagi klan bintang. Oleh karenanya, orang-orang berkekuatan klan itu harus ditangkap dan kalau perlu dilenyapkan.

Kalau membaca Buku Matahari dan buku-buku Tere Liye sebelumya (Bumi, Bulan) pembaca diajak untuk bermain dengan imajinasi. Saya senang dengan ide dan karakter yang dituangkan Tere Liye dalam Novel ini. Dapat ide dari mana ya?

Kalau mau membaca Novel ini, baiknya baca dua novel terdahulu (Bumi, Bulan) agar ceritanya nyambung dan gak membingungkan nantinya.

And next, selamat membaca buat yang belum membaca Novel MATAHARI, dan selamat menunggu Novel serial keempat BUMI yaitu BINTANG. Yeeaaayy..!!

“Hidup ini adalah petualangan, Ali. Semua orang memiliki petualangannya masing-masing, maka jadilah seorang petualang yang melakukan hal terbaik." (Hlm.362).

Komentar

  1. Resensinya cukup bagus, menarik dan enak dibaca.. 😊😊
    Lebih enak lagi kalo novelnya dibeliin sama yg ngepost.. 😂😂

    BalasHapus
  2. makasih om wkwk.. bisa kok aku yg beliin tapi kirim uangnya dulu :D

    BalasHapus
  3. spektakulerrr tereliye aku tunggu novel bintang setelah baca novel bimi bulan matahari aku jadi terinspirasi dengan petualangan yang menabjubkan

    BalasHapus
  4. aku tunggu untuk yang selanjut nya ya kaa ^^
    jangan lupa mampir ke website kita juga hehe

    Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
    telp: 087788855868
    website: http://indonesia.zapplerepair.com/

    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya izin sedot min Novelrw

    BalasHapus
  6. Di novel matahari ini awal perjalan mereka ke klan bintang, suka sekali

    Untuk Ebook Novel Matahari oleh Tere Liye.

    Silahkan download disini : http://www.indoebook99.xyz/2017/06/matahari.html

    BalasHapus
  7. aku suka, aku suka, aku suka sekali :)

    https://jagatebookpdf.blogspot.co.id

    salam :)

    BalasHapus
  8. yuk baca novel matahari dulu, baru lanjut ke bintang yang sudah terbit :)

    BalasHapus
  9. aku mati menulis semua ini!
    tetapi hasilnya memuaskan dapat nilai 80

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perempuan Penggenggam Rindu

RESENSI NOVEL SELENA dan NEBULA – TERE LIYE